Laman

Rabu, 11 April 2012

Webometrics

                                                                WEBOMETRICS


The "Webometrics Ranking Universitas Dunia" adalah sebuah inisiatif dari Cybermetrics Lab, sebuah kelompok penelitian milik Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC), badan penelitian publik terbesar di Spanyol.

Webometrics merupakan perangkingan Universitas yang dilihat dari sisi Visibility (V), Size (S), Rich Files (R) dan Scholar (Sc). Penghitungan dan pembobotannya adalah dengan menggunakan Rumus: Webometrics Rank = (4xV) + (2xS) + (1xR) + (1xSc). Melakukan penilaian universitas melalui 4 kriteria, yaitu:


Visibility (V): Total tautan eksternal yang unik yang diterima dari situs lain (inlink), diperoleh dari Yahoo Search, Live Search dan Exalead.
Jumlah total tautan eksternal yang unik yang diterima dari situs lain  (inlink), yang diperoleh dari Yahoo Search, Live Search dan Exalead.

Size (S): Banyaknya halaman yang ditemukan dari empat mesin pencari: Google, Yahoo, Live Search dan Exalead.
Jumlah halaman yang ditemukan dari empat mesin pencari: Google, Yahoo, Live Search dan Exalead.

Rich Files (R):  Volume file yang ada di situs Perguruan Tinggi atau Universitas, dalam format file yang dinilai layak masuk dalam penilaian seperti: Adobe Acrobat (.pdf), Adobe PostScript (.ps), Microsoft Word (.doc) dan Microsoft Powerpoint (.ppt).
Volume file yang ada di situs Universitas dalam format (pdf, doc, ps, ppt).

Scholar (Sc): Sc ini diambil dari Google Scholar yang berisikan tulisan-tulisan ilmiah, laporan-laporan, dan tulisan yang bersifat akademis lainnya.
Jumlah penyajian tulisan-tulisan ilmiah, laporan-laporan, dan tulisan akademis pada Google Scholar.
untuk bulan Januari 2012 penilaian sedikit berubah walaupun pada intinya sama yaitu :


  • G – factor
  • Site Explorer
  • SCIMAGO
  • Scholar
  • Rich Files
  • Webpages
Ketentuan Webometrics Edisi Januari 2012

Sebagai bagian dari komitmen kami untuk meningkatkan kualitas Peringkat yang kami mengadopsi beberapa perubahan yang relevan untuk edisi saat ini. Mungkin yang paling relevan telah penggabungan Direktori ke peringkat, jadi sekarang kita memberikan peringkat untuk semua Perguruan Tinggi (lebih dari 20.000!).
Kehadiran web dan visibilitas mungkin proxy terbaik untuk menggambarkan kinerja keseluruhan dari Universitas di abad 21, dan mungkin mereka juga yang hanya mampu mengklasifikasikan semuanya dengan cara yang percaya diri.
Perubahan terjadi pada metodologi dijelaskan dibawah. Kami menyiapkan pembenahan penuh dari bagian metodologi dalam minggu-minggu berikutnya, dengan rincian lebih lanjut dan penjelasan. Angka yang dipublikasikan adalah peringkat (lebih rendah lebih baik), dimaksudkan untuk menunjukkan kinerja individu, tetapi mereka bukan nilai yang digunakan dalam perhitungan.
Analisa link adalah komponen utama indeks komposit kami. Sayangnya tidak sukses PageRank, algoritma Google, maupun jumlah backlink yang diberikan oleh Explorer Yahoo sekarang mati Situs tersedia untuk umum, sehingga penyedia data baru yang diperlukan.
Visibilitas diperoleh dari menggabungkan inlinks eksternal dan domain disebut menurut Majestic SEO (50%).
Sistem baru penalizes domain lebih kuat web tertentu penamaan praktik seperti menggunakan domain pusat beberapa, berbagi domain dengan organisasi lain (helsinki.fi, spb.ru, irk.ru, kursk.ru, omsk.ru, wroc.pl, poznan.pl , krakow.pl, lublin.pl, gda.pl, kiev.ua, kharkov.ua, nic.in, ernet.in, gomel.by, vitebsk.by, mogilev.by, rnu.tn, refer.org, jx cn,. bremen.de, niedersachsen.de, archi.fr, trieste.it, sld.cu) atau perubahan nama terakhir. Kami mencegah untuk menggunakan domain alternatif untuk situs web internasional berorientasi atau untuk isi dalam bahasa asing.
Mengenai indikator aktivitas, jumlah Scimago karya ilmiah yang disertakan lagi dalam perhitungan global, peningkatan signifikan bobot nya.

Kriteria Inklusi dan Eksklusi
 Kebijakan yang kami sertakan, tidak berubah: universitas Hanya dengan domain web independen dianggap (pengecualian menjadi Universitas Helsinki dan Oulu).
Jika satu institusi memiliki lebih dari satu domain utama, kami menganalisis semua dari mereka tapi hanya peringkat terbaik dipublikasikan, bahkan jika domain ini bukan baru (saat ini) atau yang disukai.
Ada tiga motivasi utama untuk pengecualian, terkait dengan upaya kecurangan, perilaku tidak etis lainnya atau praktik ilegal:
Organisasi hosting forum atau situs terkait mempromosikan (langsung menyebutkan atau melalui iklan atau dengan menghubungkan) porno, judi online, steroid, membenci kelompok, produk yang membantu lulus tes narkoba, situs yang mempromosikan plagiarisme akademik atau kecurangan, produk palsu, data afiliasi entri , dialer, narkoba, kepemilikan obat, e-gold, produk yang terbuat dari satwa langka, jasa pengawalan, dokumen palsu, hacking, penyembuhan ajaib, pelacuran, penipuan phishing atau layanan serupa, produk atau kegiatan.
Peraturan baru melarang kita dari menghubungkan website yang memiliki deposito dalam jumlah besar dokumen hak cipta dilanggar (termasuk makalah yang ditulis oleh ulama yang tidak termasuk universitas hosting).
Juga akan dikeluarkan situs-situs yang menerima sejumlah besar modal link dari non-akademis sumber, termasuk palsu. Domain edu.
Bagaimana mencermati dari Unsur V ini? Webometric sangat jeli dalam mempetimbangakan keterlibatan 2 seacrh engine Top Dunia saat ini yaitu Yahoo dan Google, karena keduanya merupakan gudangnya directories dan paling sering diakses di dunia.

Pengaruh Google dalam Webometric
Google yang didirikan oleh Sergey Bin dan Lary Page pada tahun 1998 ini merupakan Search Engine terpopuler saat ini, sekitar 62% digunakan untuk oleh seluruh lapisan di dunia untuk beburu data di internet. Google selain seacrh engine juga memilik perangkat dan indikator yang cukup bergengsi dan parametricnya sangat subtansial, salah satunya adalah Page Rank. Masih bannyak yang lain selain Page Rank, namun pokok masalahnya adalah Google merupakan sistem algoritma internet dan web yang terbaik saat ini, untuk menentukan prioritas Page rank saja Google mengukur keterkaitan/tautan/linking web satu dengan yang lain secara algoritmik. ini yang menjadi salh satu point di webometric.
Pengaruh Google di webometric karena faktor  62% yang dihandalkan dunia, juga kemampuan mendeteksi kekayaan dan kejujuran sebuah web, Sehingga webometric yang mendorong perguruan tinggi untuk mengedepankan  azas nya yang jujur dalam inventarisasi kekayaan web nya, sangat sinkron dengan perangkat Google. Sehingga unsur Google dalam webometric selain untuk kategori V juga kategori Sc yaitu Google Scholar.

Pengaruh Yahoo dalam Webometric
Kenapa webometric menjadikan Yahoo sebagai unsur dalam penilaian? Yahoo yang sebenernya singkatan dari Yet Another Hierarchical of Ficious Oracle saat ini memiliki account email terbesar di dunia. Selain itu kepopuleran yahoo juga dalam komunikasinya, antara lain Yahoo Messenger dan Find Email. Jaringan komunitas ini merupakan bagian dari support untuk asas interlingking di webometrci baik antar personal dan antar web. Selain itu Yahoo memilliki layanan Direktories dengan Premium Cost, senilai $299, sehingga secara segmen sudah mengarah pada pola keseriusan web perguruan tinggi. Yahoo search merupakan bagian dari penyedia layanan Yahoo Directories sebagai bentuk auto sinkronis dari Directories, query dan analitik untuk result, sehingga keterkaitan web satu dengan lain salah satunya sudah terukur secara langsung dan dapat dipastikan/diorganisir dari direktories ini. Ada alat uji yg bisa digunakan oleh kita semua untuk hal ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar